Sabtu, 29 Juli 2017

Algoritma Menggunakan Bahasa Natural

Algoritma dengan bahasa natural lebih mendekati penulisan bergaya bahasa manusia yang digunkaan dalam kehidupan sehari-hari. Penggunaan algoritma ini aka lebih mudah dalam penullisan algoritmanya karena menggunakan bahasa yang lebih sederhana dan tidak membutuhkan software ataupun tool tool tertentu. cara penyajian algoritma, yang meliputi Natural Language (Bahasa Natural, alami), Flowchart, Pseudo-code, serta langsung dengan Bahasa Pemrograman tertentu. Sekali lagi saya tekankan bahwa yang kita bahas, yaitu Algoritma, sangat penting perannya dalam Pemrograman Komputer. bisa dikatakan bahwa Algoritma merupakan inti dari Pemrograman itu sendiri.

Bahasa Natural merupakan cara penyajian suatu algoritma yang paling sederhana dan paling mudah dimengerti. Salah satu contoh sederhana adalah algoritma untuk menentukan sebuah bilangan adalah ganjil atau genap (mungkin ini adalah contoh/ latihan pertama Anda waktu belajar algoritma di kampus, hahaha..). Jadi diberikan input sebuah bilangan dari user, dan program akan secara otomatis menentukan dan memberikan output berupa informasi genap atau ganjil. 

# Algoritma juga di tulis dengan kata-kata atau deskriptif (Penjabaran) sesuai dengan bahasa kita sendiri/natural.
Coba perhatikan :  1. Algoritma Mencari_Nilai_Max
 Input : 3 buah bilangan
Output : bilangan terbesar di antara 3 bilangan
Langkah-Langkah : - Baca bilangan pertama
- Baca bilangan kedua
- Baca bilangan ketiga
- Bandingkan bilangan pertama dan kedua, pilih bilangan terbesar, dan simpan bilangan tersebut dengan nMax.
- Bandingkan nMax dengan bilangan ketiga jika nMax kurang dari bilangan ketiga maka ganti nilai nMax dengan bilangan ketiga. Jika tidak maka nilai nMax tetap.

contoh di atas sangat sederhana, dan sangat mudah untuk dimengerti. :)

2. Penyajian AlgoritmaYang Baik
Menurut Donal Ervin Knuth yang dikenal dengan bapak "analisis algoritma". Algoritma yang baik dan benar adalah adanya 1. input 2. output 3. finite 4. definite 5. efisien. 

1. Input
Algoritma memiliki nilai Nol input/lebih dari pengguna.
2. Output
Algoritma minimal harus memiliki 1 output. Output dapat berupa apa saja seperti, file, teks, video, suara, dan lainnya.
3. Finite(Terbatas)
Algoritma yang baik haruslah mempunyai langkah-langkah terbatas yang berakhir pada suatu titik dimana algoritma itu akan berhenti dan menghasilkan suatu output.
4. Definite(Pasti)
Makna dari kata logis pada definisi algoritma terdahulu tercermin dari langkah-langkah yang pasti, tidak ambigu/bermakna ganda. Suatu program harus mempunyai arah dan tujuan yang jelas kapan mulai dan kapan berakhir.
5. Efisien(Pas)
Agoritma disebut efisien jika untuk mendapatkan suatu solusi tidak memerlukan memori yang banyak, proses yang berbelit-belit dan tidak perlu, jika algoritma terlalu banyak melakukan hal-hal yang tidak perlu akan menyebabkan waktu eksekusi menjadi lama.

Demikianlah beberapa informasi penting dalam menggunakan bahasa natural pada algoritam semoga bermanfaat untuk kita semua, sekian dari saya. Terima kasih.
Jangan lupa untuk membaca artikel lainnya :) di sini :)
Load disqus comments

0 komentar